BRUNO MARS


Album Reviews
Bruno Mars-Unorthodox Jukebox
02/01/2013Bruno Mars

Unorthodox Jukebox

[Atlantic Records]


TRAX Magazine 
Aftertaste setelah mendengarkan album ini adalah: FUN. In so many ways. Kecerdasan musisi yang beberapa waktu lalu sempat terkena kasus dan harus berurusan dengan polisi ini memang kelasnya Grammy. Dengarkan saja albumnya. Mulai dari R n B, piano-ballad heartbreaker hingga reggae terdengar di sini.
  
Track pembukanya pumping dengan string yang menawan di sepanjang lagu dan sedikit choir di tengahnya. Lanjut ke “Locked Out Of Heaven” yang seperti musik disco di era '70-an, lengkap dengan lenguhan menggoda yang seolah meninju tiba-tiba. “Gorilla” sedikit melambat, suara Bruno yang seperti orang tersayat. Dengan lirik yang lusty tapi tanpa membuatnya jadi murah. Lirik kasar dalam balutan melodi lembut.
  
Nuansa funk dan dance era '70 dan '80 terasa kental di album keduanya ini. Dengarkan “Treasure” yang sedikit banyak seperti lagu-lagu milik Kool n The Gang, Heatwave atau Tavares. Seksi sekaligus dance-able. Salah satu track paling favorit di sini. “Moonshine” terdengar seperti lagu cinta robotik intergalactic. Jangan sedih, lagu cinta mellow mendayu-dayu pun tetap ada di track “When I Was Your Man”, dimana Mars bernyanyi dengan iringan piano.
 
Ia juga dengan cerdas memasukkan unsur reggae di track “Show Me”. Nuansa reggaetown terasa jelas, gaya bernyanyinya pun. Macam UB40-lah. Menyenangkan! “If I Knew” menutup album dengan nada-nada doo woop seperti Five Satin dan “Still of the Night”-nya. Overall, album ini adalah salah satu rilisan terbaik di 2012. Dengan range genre yang luas dan kemampuan musikal yang ok, album ini pantas direken. Sayang, tidak ada lirik di sleeve CD-nya. <ajeng

Comments

Hosting Unlimited Indonesia

Popular Posts