5 Hal Yang Mempengaruhi Usia Aki


Aki merupakan salah satu bagian terpenting dalam kendaraan. Oleh karena itu penting rasanya untuk tahu faktor-faktor apa saja yang bisa mempengaruhi umur pemakaian aki.

Channel Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia, Deddy Ismanto, mengatakan ada lima faktor yang mempengaruhi umur pakai aki. Yang pertama adalah penanganan aki saat pertama kali diaktifkan atau pemasangan pertama pada motor.

"Pada saat pemasangan pertama itu menentukan seberapa jauh aki itu akan bertahan. Ada yang saat pertama kali harus diisi dulu, banyak hal seperti cairan tumpah, kurang atau sebagainya akan mempengaruhi umur aki pada saat digunakan nanti," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Lalu faktor yang kedua adalah pemilihan tipe atau penggunaan aplikasi aki yang tepat pada motor.

"Kadang-kadang orang ganti aki menyerahkan sepenuhnya pada toko/bengkel, mereka hanya bilang ke toko aki-nya mati tapi tidak memilih sendiri akinya. Dan mereka enggak tahu aki apa yang dipasang pada kendaraannya, padahal jenis dan tipe aki juga mempengaruhi umur pakainya. Oh jangan-jangan salah pasang atau salah tipe aki nih, atau bahkan salah ukuran. Ini mempengaruhi umur pakai dari aki tersebut," tutur Deddy.

Faktor ketiga yang mempengaruhi umur pakai aki yaitu perawatan aki atau motor yang baik selama pemakaian.

"Kalau bicara perawatan aki sudah pasti akan berbanding lurus dengan perawatannya. Seberapa sering kendaraan itu diperiksakan secara ke bengkel atau hanya kalau ada keluhan baru ke bengkel. Ini akan berpengaruh ke umur aki," ucap Deddy.

Selanjutnya adalah penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan juga dapat mempengaruhi umur pakai aki.

"Di zaman sekarang regulasi pemerintah mewajibkan penggunaan lampu tetap menyala di siang hari. Lalu ada motor yang dipasangi sound system, lalu dipasangi charger untukdevice sehingga konsumsi listriknya akan semakin besar," ujar Deddy.

Faktor yang terakhir adalah karakter pemakaian motor, yaitu karakter yang intensif dan karakter yang hanya menggunakan kendaraan sekali-sekali saja.

"Ini mempengaruhi umur pakai aki karena mempengaruhi siklus hidup dari aki itu sendiri, berapa sering dia berproses saat pengisian maupun non pengisian," tambah Deddy.

Comments

Hosting Unlimited Indonesia

Popular Posts