Google Merayakan Ulang Tahun Drs. Suyadi

Google kembali memberikan apresiasi pada tokoh di Indonesia lewat Google Doodle hari ini yang memperingati hari lahir Suyadi ke 84. Mungkin ada yang kurang tahu siapakah Suyadi yang gambarnya dipajang di halaman utama mesin pencari tersebut.


Suyadi yang biasa dikenal dengan nama pak Raden pada lakon Si Unyil merupakan salah satu seniman yang berpengaruh di Indonesia. Beliaulah yang menciptakan karakter Si Unyil bersama teman teman lainnya seperti pak ogah, Usrok, Pak Raden dsb.
Drs Suyadi lahir di Puger, Jember Jawa Timur pada 28 November 1932 adalah pencipta karakter si unyil. Awal mula tujuan Suyadi menciptakan karakter ini adalah untuk memberikan acara yang mendidik untuk anak anak pada era 1980-an. Suyadi pernah merupakan lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung (1952-1960).



Selain menciptakan tokoh si Unyil, Suyadi juga pernah didaulat oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk menjadi ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat sekolah dasar.


Selain itu, Suyadi juga telah menciptakan beberapa karya buku yakni “Petruk Jadi Raja”, “Gerhana The Eclipse”, dan Golden “Cucumber”. Namun akhirnya, pencipta tokoh si unyil ini meninggal dunia di Jakarta pada 30 Oktober 2015 pada usia 82 tahun.


Hingga kini, tokoh Si Unyil masih melekat di hati masyarakat Indonesia dimana pada era 2000-an film si Unyil di format agar sesuai dan dirubah menjadi “laptop si Unyil” yang hingga saat ini masih ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Sehingga wajar saja jika Google Doodle memperingati hari lahir Suyadi untuk memberikan apresiasi atas jasa-jasanya.

Comments

Hosting Unlimited Indonesia

Popular Posts