GP Abu Dhabi - Nico Rosberg Juara Dunia F1 2016



Pembalap tim Mercedes, Nico Rosberg menjadi juara dunia Formula One (F1) musim balap 2016. Raihan gelar juara dunia dipastikan pembalap asal Jerman setelah finis kedua pada balapan di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Ahad (27/11). Rekan setim Rosberg, Lewis Hamilton berada di posisi kedua klasemen pembalap F1 meski berhasil finis tercepat pada balapan malam ini. Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel meraih podium ketiga.


Start dari posisi kedua di belakang Hamilton, Rosberg hanya membutuhkan finis di posisi tiga besar untuk mempertahankan posisi puncak klasemen pembalap F1. Hamilton yang memimpin sejak awal balapan telah mengeluarkan segala kemampuannya dalam balapan kali ini. Namun, konsistensi Rosberg untuk mempertahankan posisi kedua dan finis hanya 1,6 detik di belakang Hamilton membuatnya menjadi juara dunia F1 tahun ini.

Ini adalah gelar juara dunia pertama bagi Rosberg. Ia menjadi pembalap Jerman ketiga setelah Michael Schumacher dan Sebastian Vettel yang berhasil menjadi juara dunia F1. Pada 1982, ayah Rosberg, Kek Rosberg juga pernah menjadi juara dunia F1 pada 1982.

Pembalap ini merupakan putra dari pembalap legendaris Finlandia, Keke Rosberg yang menikah dengan wanita Jerman. Tidak heran jika Nico Rosberg memiliki dua kewarganegaraan. Namun karena lahir di Jerman dan tidak bisa bahasa Finlandia, ia memilih Jerman sebagai warga negaranya sekaligus bendera yang diusungnya di ajang F1.

Karir Nico Rosberg di F1 dimulai ketika ia menjuarai Formula BMW. Rosberg memenangkan kompetisi langsung mendapat kesempatan mengetes mobil F1 milik tim Williams tahun 2002. Sang pemilik tim, Frank Williams menjanjikannya kursi F1 jika Rosberg tetap tampil bagus di ajang Formula Junior.

Janji ini akhirnya terealisasi dengan debut Rosberg di GP Bahrain 2006. Penampilan perdananya menjadi menawan dengan mendapatkan fastest lap di seri tersebut. Namun performa mobil Williams yang kurang kompetitif membuatnya sulit bersaing saat itu.

Prestasi ini sempat membaik di 2007, ketika Williams mendapat suplai mesin dari Toyota. Namun di tahun 2008-2009 prestasinya kembali melorot karena durabilitas mesin yang kurang baik.

Tanggal 29 Oktober 2009, Nico Rosberg akhirnya memutuskan keluar dari tim Williams. Sempat diisukan pindah ke Mclaren, ternyata pembalap Jerman ini memutuskan untuk bergabung dengan tim Mercedes GP. Prestasinya cukup bagus dengan posisi akhir klasemen di peringkat ketujuh tahun 2010 lalu. Unggul di atas Schumi yang hanya berada urutan kesembilan. Tahun 2011 ia tidak tampil kompetitif karena mobil Mercedes W02 memang kurang kompetitif.

Comments

Hosting Unlimited Indonesia

Popular Posts