MotoGP Akan Meninggalkan Era 1000cc..???


 Persaingan panas para pebalap MotoGP semakin menarik untuk disaksikan setiap musimnya. Sejak era 500cc, 800cc hingga 1000cc saat ini, selalu tersaji pertarungan panas para pebalap top dunia. Namun salah satu tim yang berlaga musim depan, KTM memiliki pendapat berbeda.

KTM juga termasuk tim yang ikut dalam 2 tes pramusim MotoGP 2017 yaitu di sirkuit Valencia dan Jerez beberapa waktu lalu. Dikutip dari GPOne, KTM sebagai 'pemain' baru di kelas MotoGP menyarankan bahwa MotoGP harusnya menurunkan sedikit kapasitas mesin MotoGP mengingat mesin saat ini memiliki power sangat besar yaitu 280 Hp, hampir mencapai 300 Hp yang merupakan batas power sebuah mesin sepeda motor.

Hal ini diungkapkan Kurt Trieb, Chief Engine Designer KTM mengatakan bahwa jika hal ini tidak direalisasikan maka masalah wheelie di setiap motor MotoGP akan terus terjadi, apalagi musim depan teknologi semacam winglets sudah resmi dilarang.



Trieb juga menganjurkan alternatif lainnya adalah para pembuat sirkuit harus membuat sirkuit dengan jalur lurus menurun setidaknya sama seperti di Mugello, Italia untuk menambah downforce motor sebagai mengurangi efek wheelie yang merupakan masalah besar musim ini.

“Di trek lurus Mugello, kecepatan motor prototipe MotoGP bisa melampaui 350 km/jam. Mungkin dalam beberapa tahun ke depan semestinya ada pembatasan sesuai dengan aspirasi yang ada. Saya sendiri tidak senang dengan kekuatan dan kecepatan yang dimiliki motor protipe MotoGP sekarang (1.000cc),” tutur Kurt Trieb mengemukakan pendapatnya.
“Jika mereka bertanya, jenis mesin apa yang akan digunakan untuk motor prototipe MotoGP, saya akan mengatakan lebih baik menurunkannya ke mesin prototipe 600cc dengan perangkat elektronik yang sangat terbatas. Balapannya pasti akan menarik. Tapi jangan salah paham soal ini, saya senang merancang KTM RC16 (1.000cc). Namun menurut saya, motor prototipe MotoGP saat ini mempunyai tenaga kuda terlalu banyak,” tutup Trieb.

Comments

Hosting Unlimited Indonesia

Popular Posts